Pengertian Web Hosting serta Fungsi dan Macam-macamnya

Pengertian Web Hosting

Web Hosting atau mungkin lebih sering dikenal dengan hosting adalah sebuah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data dari sebuah halaman web ataupun aplikasi online agar dapat diakses melalui internet. Hosting mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan web karena semua data dalam dokumen html nantinya disimpan di dalam sebuah web hosting sehingga bisa diakses dimana saja melalui internet.

 

Perusaan penyedian Web Hosting akan menyediakan server-server yang bisa disewakan kepada user lain sehingga masing-masing orang dapat menempatkan data mereka pada web hosting tersebut.

 

Web hosting biasanya menyediakan kapasitas media penyimpanan dengan ukuran tertentu kepada para user, dan user diberikan hak akses untuk dapat mengelola hosting tersebut.

 

Fungsi Web Hosting

Web Hosting berfungsi untuk menyediakan layanan yang memungkinkan user dapat menyimpan data mereka (baik itu database dan html) untuk dapat diakses dari mana saja melalui jaringan internet. Web hosting akan memudahkan kita untuk mencari informasi didunia internet. kita juga bisa berbagi dengan orang banyak dari data yang telah kita buat seperti halnya artikel, berita, sebuah kejadian dan lain sebagainya.

 

Biasanya para perusahaan penyedia web hosnting juga menyediakan domain sehingga kita bisa menye dan membeli domain dan hosting dalam satu paket. Hal ini sangat memudahkan kita dalam mengelola data yang kita punya.

 

Macam-macam Web Hosting

1. Virtual (shared) hosting

adalah jenis web hosting yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Karena didalam satu server terdapat banyak hosting-hosting menjadi satu dan salah satu dari hosting tersebut adalah milik anda serta terdapat juga banyak domain. Kebanyakan orang menggunakan hosting jenis ini karena biaya sewanya lebih murah dibandingkan dengan web hosting lainnya.

 

2. Free Hosting

Hosting jenis ini juga paling banyak digunakan para pemula karena kita tahu bahwa anda tidak perlu membayar apa-apa untukd dapat menggunakan layanan ini akan tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri.

 

3. Dedicated Hosting

Hosting jenis ini biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda.

 

4. Collocated Hosting

Hosting yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

 

Sekian ulasan kami tentang Pengertian Web Hosting serta Fungsi dan Macam-macamnya. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat.

 

Source : teorikomputer.com

More articles

Pengertian Database Serta Fungsi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Website Beserta Manfaat dan Jenis-jenisnya

Pengertian CSS (Cascading Style Sheets) Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

5 Web Hosting Terbaik di Indonesia

5 Web Hosting Terbaik di Indonesia

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting

Pengertian Web Hosting serta Fungsi dan Macam-macamnya

Pengertian Domain serta Fungsi dan Jenisnya

Pengertian dan Cara Kerja DNS (Domain Name System)

Definisi dan Fungsi HTML (Hypertext Markup Language)